Hindari Kecelakaan! Lakukan Instalasi Listrik yang Benar Dan Aman

Bangunan Gedung memiliki banyak bagian yang harus diperhatikan keamanannya. Mulai dari struktur bangunan, sistem instalasi udara sampai instalasi listrik. Pemasangan yang melibatkan pihak ahli ini membutuhkan pengawasan serta pemeliharaan secara berkala. Oleh karena itu sangat penting untuk menemukan kontraktor yang pas untuk dapat bekerja sama dalam jangka panjang.

Pemasangan Instalasi Perkantoran yang Aman 

Informasi yang perlu diketahui sebelum pemasangan listrik adalah model, luas, fungsi, sampai jaringan listrik. Keamanan pemasangan listrik perlu dilakukan dengan benar agar terhindari dari kesalahan yang dapat mengancam keselamatan orang yang ada didalamnya. Masalah yang terkait dengan masalah listrik diantaranya adalah konslet, daya listrik yang tidak cukup, mati lampu secara tiba-tiba dan banyak lain. Selain menggunakan jasa instalasi, perusahan juga harus melakukan beberapa langkah pengamanan terkait masalah listrik. Lakukan pemasangan listrik yang benar untuk memastikan keamanannya.

1. Gunakan Ukuran Kabel Listrik yang Tepat

Sesuaikan kabel listrik yang tepat, dari diameter kabel, kapasitas, dan kesesuaian dengan kapasitasnya. ketidak sesuaian akan berpengaruh pada tingginya kemungkinan terjadi hubungan pendek arus listrik yang dapat mengarah ke koslet sampai kebakaran. Untuk menghindarinya, percayakan tenaga ahli dan rekomendasinya agar lingkungan kerja aman dari masalah perlistrikan.

2. Ketahui Perbedaan Kode Warna Kabel Listrik

Perhitungan listrik diwakili dengan penggunaan kabel yang bebeda. Kombinasi diantaranya yang dapat adanya arus listrik yang stabil dan sesuai kebutuhan. Kode warna pada kabel listrik menandakan ukuran kawat konduktor yang berbeda didalamnya. Tiap kabel listrik juga memiliki fungsi yang beragam misalkan yang putih mewakili daya listrik, kabel hitam untuk sumber arus, kabel biru menangani konduktor yang netral, sedangkan kabel yang hijau berfungsi sebagai grounding atau penahanan.

3. Pemasangan Instalasi Listrik Oleh Tenaga Ahli

Pemasangan instalasi kelistrikan rumah mungkin dapat dilakukan sendiri, namun untuk bangunan perkantoran, resikonya terlalu besar. Gunakan jasa instalasi listrik terpecaya untuk melakukan keseluruhan instalasi. Sebagai perlindungan jangka panjang, gunakan tenaga instalasi yang sama untuk melakukan pengecekan berkala. Prosedur pemasangannya mudah dilakukan, namun besarnya instalasi butuh tenaga yang benar-benar kompeten.

4. Melindungi Kabel Dengan Pipa Konduit

Semua kabel yang digunakan untuk memastikan sistem aliran listrik berjalan dengan baik berada dalam satu kotak yang tahan api. Untuk memastikan kondisi kabel terawat dan tidak mudah terkelupas, gunakan pipa konduit untuk menjaga jalur instalasi agar rapi. Perlindungan extra tersebut ampuh menghalau hewan pengerat yang dapat merusak kabel.

5. Ketahui Maksimum Daya Penggunaan

Segala sesuatu harus sesuai kapasitasnya. Penggunaan pun harus sesuai dengan berapa daya listrik yang dimiliki. Bila rumah anda seringkali menghadari pemadaman mendadak kala sedang menggunakan AC terbaik atau microwave, mungkin sudah saatnya anda menambah daya. Diperkantoran lebih berbahaya lagi, bila aliran listrik mendadak terhenti, produktifitas perusahaan bisa terganggu. Oleh karena itu, hampir semua perkantoran memiliki generator sendiri bila ada pemadaman. Namun, bila masalah terletak pada kurangnya daya listrik, satu-satunya jalan adalah menambahkannya.

Setelah mengetahui cara instalasi yang aman, kamu tetap harus berhati-hati ketika mempraktikkannya, ya. Namun, tidak semua instalasi kabel bisa dikerjakan sendiri. Instalasi kabel listrik pada panel servis yang mana menjadi pusat sambungan listrik di rumah hanya boleh dikerjakan oleh ahli yang telah berlisensi.

Jika mengalami kesulitan saat melakukan instalasi kabel listrik di rumah, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan teknisi listrik demi menghindari terjadinya kecelakaan listrik di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *